Dropship: Berjualan Tanpa Modal

Jika kita sering berbelanja online atau sedang mencari barang, mungkin pernah terbaca oleh anda ada yang namanya dropship. Bahkan di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee pun menyediakan fitur “kirim sebagai dropshipper”.

Istilah dropship seringkali dicampuradukkan dengan resell. Padahal, keduanya merupakan metode berjualan online yang sangat jauh berbeda. Untuk menjelaskan apa itu dropship serta perbedannya dengan resell, kita bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Dropship

Dropship adalah sebuah metode jual beli online di mana penjual tidak melakukan stok barang ataupun proses pengiriman. Dalam sistem ini, akan sangat dibutuhkan seorang supplier sebagai pemasok barang. Penjual akan memajang foto-foto barang dagangan supplier di website atau akun media sosial sebagai tempat berjualan. Jika ada pembeli yang memesan, maka penjual cukup meneruskannya pada supplier. Berikan data-data pembeli seperti nama, alamat, pesanan serta nomor telepon disertai pembayaran barang pada supplier.

Kunci perbedaanya adalah dropshipper adalah modal relative lebih kecil daripada reseller. Sitem ini juga cenderung reaktif terhadap customer yang membeli dibandung reseller yang proaktif membeli barang dulu ke supplier atau distributor. Oleh karena itu dalam sistem ini, penjual tidak perlu melakukan stok barang ataupun pengiriman kepada pembeli. Di sinilah perbedaan dropship dan reseller.

Resell

Seorang reseller akan membeli barang dalam jumlah banyak agar mendapat harga grosir kemudian menjualnya kembali dengan harga tinggi. Reseller sudah pasti melakukan stok barang dan juga mengirimkan barang pada pembeli. Sementara dropshipper hanya bertindak sebagai penghubung antara supplier dan konsumen. Perbedaan lainya adalah resell perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang terlebih dahulu. Sementara dropship rata-rata tidak membutuhkan modal besar. Biasanya jika demand sudah banyak dan kita punya cukup modal, resell lebih menjadi pilihan untuk menjalankan bisnis, walaupun tidak selalu begitu keadaanya.

Resell juga sebenarnya lebih fleksible karena bisa dilakukan secara offline dan mendapat keuntungan lainya seperti menjadi Agen Bukalapak

 

Dropshipping Chart

Untuk lebih jelas bagaimana konsep dropship itu, berikut adalah chart simple yang menjelaskan alur dropshipping

Chart Dropship

 

Sekian dari kami jika ada yang kurang jelas, feel free to comment or leave a message on Facebook page. Thank you 👋

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *